Analisa GBP/USD: Pound Merosot Lebih Dalam Lagi – Apa Selanjutnya?

Forexsignal88.Com – Krisis energi, bentrokan Brexit, kinerja ekonomi Inggris yang lemah, dan varian korona semuanya mendorong GBP/USD turun ke level support 1.3616, di mana pasangan ini telah menetap pada tulisan ini. Selain faktor-faktor ini, GBP/USD akan berinteraksi dengan pengumuman Federal Reserve AS tentang keputusan kebijakan moneternya dengan pembaruan ekspektasi ekonomi, dan fokus terbesar adalah pada nada pernyataan kebijakan moneter dan pernyataan Ketua Jerome Powell mengantisipasi masa depan pengetatan kebijakan moneter AS.

Berlalunya badai Federal Reserve akan diikuti oleh badai kebijakan Bank of England pada hari Kamis. Tidak ada perubahan kebijakan yang diharapkan, tetapi jika lebih dari satu anggota MPC memilih untuk segera mengakhiri pelonggaran kuantitatif, pound bisa diuntungkan. Selain itu, pasar juga dapat menafsirkan sejumlah suara yang mendukung kenaikan suku bunga secara pro-GBP.

Bank of England telah membahas mekanisme untuk beralih ke pengetatan moneter dan meskipun rencana tersebut hanya dapat terwujud dalam keadaan tertentu, pembicaraan itu sendiri adalah tanda bahwa proses pengetatan sudah dekat.

Namun, pertanyaan utamanya adalah kapan bank sentral akan melakukan langkah pertama. Tentu saja, pertemuan kebijakan hari Kamis bukanlah waktu yang tepat, tetapi statistik ekonomi optimis terbaru dapat membenarkan beberapa pernyataan hawkish. Meskipun ini bisa menjadi pertanda baik bagi pound, bank sentral perlu terdengar lebih optimis daripada yang diantisipasi investor untuk mendukung kenaikan, meskipun ini bisa menjadi tantangan bagi BoE. Pengumuman akan dilakukan pada pukul 11:00 GMT.

Bank of England dan ekonomi Inggris berada dalam posisi yang agak lebih terbuka. Bank sentral, sejalan dengan rekan-rekannya di tempat lain, ingin melihat pertumbuhan yang kuat, tetapi tidak terlalu kuat sehingga menciptakan tekanan inflasi yang berkelanjutan. Sementara itu tidak ingin berlebihan dalam pembelian aset sementara ekonomi masih bergerak maju dengan melebih-lebihkan puding.

Inggris sudah bergulat dengan kekurangan pengemudi kendaraan barang berat, yang mengarah pada dorongan upah dalam harga. Tetapi ada kekurangan tenaga kerja yang meluas di tempat lain, terutama di industri perhotelan. Biaya transportasi, kenaikan energi, pertumbuhan upah – semuanya merupakan input produsen utama dan memaksa produsen dan penyedia layanan untuk menaikkan harga.

Michael Saunders, salah satu anggota MPC yang termasuk dalam kubu hawkish, akhir-akhir ini menegaskan kembali pandangannya untuk penghentian dini program pembelian aset BoE, yang dijadwalkan berakhir pada Desember pada 895 miliar pound dengan potensi perpanjangan jika kondisi ekonomi memburuk. Tetapi lebih banyak pembuat kebijakan mungkin akan bergabung dengannya minggu ini setelah lonjakan mengejutkan dalam indeks inflasi IHK Agustus dan pertumbuhan lapangan kerja yang signifikan. Khususnya, harga konsumen terus berakselerasi di atas target harga bank sentral sebesar 2,0%, melonjak 3,2% y/y, naik dari perkiraan 2,9%, sementara pertumbuhan dalam pekerjaan penggajian mencapai 183 ribu pada bulan Juli, hampir dua kali lipat dari 93 ribu yang diperkirakan oleh analis.

Analisa Teknikal GBP/USD