Analisa GBP/USD: Pound Kembali Unjuk Gigi, Naik Menembus Resistance

Forexsignal88.Com – GBP/USD yang sempat dibuka pada awal pekan ini dengan oenuh keraguan akhirnya unjuk gigi setelah data tenaga kerja Inggris muncul. Pasar tenaga kerja Inggris, yang telah menunjukkan ketahanan sekali lagi dan dapat membantu sterling pulih – setidaknya sementara pembicaraan stimulus AS berlanjut.

Dalam tiga bulan hingga November, tingkat pengangguran Inggris naik menjadi 5,0%, di bawah ekspektasi 5,1%. Itu 1,2% lebih tinggi dari tahun lalu, dan 0,6% lebih tinggi dari kuartal sebelumnya. 5% juga merupakan level tertinggi sejak awal 2016.

Padahal, total jam kerja menunjukkan tanda-tanda pemulihan, naik 89m, atau 10%, menjadi 979.9m jam. Penghasilan rata-rata tidak termasuk bonus naik 3,6% 3 juta, dibandingkan ekspektasi 3,0% 3 juta. Penghasilan rata-rata termasuk bonus naik 3,6% 3moy, juga di atas ekspektasi 2,8% 3moy.

Jumlah penuntut Inggris naik hanya 7k pada bulan Desember, harus lebih rendah dari ekspektasi 47,5k. Namun, di 2,6 juta, totalnya 113,2%, atau 1,4 juta, di atas level Maret 2020.

Skema cuti Inggris yang berhasil adalah alasan utama lapangan kerja tetap kuat, dan kemungkinan akan diperpanjang sebanyak yang diperlukan. Dapatkah upaya pemerintah dalam peluncuran vaksinasi juga meningkatkan sterling? Hampir 10% dari populasi telah menerima setidaknya satu suntikan, dan kecepatannya mendekati target 500.000 / hari.

Di Amerika Serikat sendiri ada berita yang beredar yang dapat mempengaruhi USD. Dolar AS sebagai safe-haven menguat di tengah kekhawatiran bahwa rencana stimulus Presiden Joe Biden ditunda atau dipermudah. Pemerintah siap untuk bernegosiasi dengan Partai Republik dan pasar khawatir momentum akan hilang. Mungkin ini juga yang menyebabkan Pound dan Euro menjadi bimbang pada pembukaan pekan ini.

Akankah Demokrat menghentikan waktu setelah beberapa hari mencoba dan melakukannya sendiri? Pasar mungkin mengharapkan Gedung Putih turun dari rencana stimulus $ 1,9 triliun tetapi tidak ke tingkat di atas $ 1 triliun. Berita utama dari Washington ditetapkan untuk mengguncang greenback di kemudian hari.

Analisa Teknikal GBP/USD