Analisa GBP/USD: 1.3700 Kembali Gagal Ditembus

Forexsignal88.Com – GBP/USD pada kemarin hari naik sampai ke level 1.3700 dan terlihat bernafsu untuk menembus. Namun pada kenyataanya penembusan kembali gagal dicapai. Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan kepada parlemen bahwa langkah-langkah pembatasan sudah “mulai berdampak di banyak bagian negara”. Dolar Kanada mengikuti sebagai terkuat kedua untuk hari ini, terangkat sedikit oleh akselerasi naik harga minyak. Dolar, sebagai yang terkuat ketiga, mengurangi sebagian kerugian kemarin. Di sisi lain, fokus penjualan kembali ke Euro, dengan Aussie dan Kiwi juga sedikit melemah.

Setelah enam sesi perdagangan bearish, pasangan GBP/USD mengoreksi ke atas dari level support 1.3450 ke level pertahanan 1.3670 pada awal perdagangan Rabu. GBP/USD menerima dorongan ganda pada hari Selasa. Pertama, Gubernur Bank of England Andrew Bailey menyatakan bahwa suku bunga negatif adalah “kontroversial” – tampaknya menghentikan diskusi. Momok suku bunga di bawah nol telah membebani sterling sejak Juni 2020 dan mengesampingkan gagasan itu menghilangkan satu risiko penurunan.

Kenaikan pound terjadi meskipun ada komentar oleh Gubernur Bank of England Andrew Bailey bahwa penguncian nasional ketiga untuk menahan penyebaran virus corona akan menunda pemulihan ekonomi Inggris. Dalam pidato online di Kamar Dagang Skotlandia, Bailey menyatakan bahwa gelombang kedua “kemungkinan akan menunda jalur” pemulihan.

Dia juga menunjukkan bahwa meskipun tingkat pengangguran secara resmi berada di 4,9%, angka tersebut kemungkinan besar sebenarnya berada di sekitar 6,5%. Mengenai suku bunga negatif, ia dikabarkan mengatakan bahwa hal itu sama sekali tidak ada yang bisa menghentikannya, namun ada kekhawatiran serius dalam penerapannya.

Stimulan berikutnya adalah terkait dengan lelang Treasury sepuluh tahun di AS. Investor sangat ingin membeli hutang Amerika sebagai pembalikan dari aksi jual di hari-hari sebelumnya. Prospek stimulus besar-besaran – menyusul kemenangan Demokrat atas kendali efektif Senat – telah memicu kenaikan imbal hasil dan dolar serta penurunan laba mendorong aksi ambil untung.

Analisa Teknikal GBP/USD