Analisa EUR/USD: Fokus Kepada Rapat ECB

Forexsignal88.Com – Ketika ECB bertemu minggu depan, perhatian pasar beralih ke implikasi dan komunikasi baru di balik kerangka strategis baru. Pasar tidak mengharapkan sinyal kebijakan baru datang dari perubahan bahasa.

Pasar mengharapkan pengakuan atas peningkatan data yang datang sesuai harapan dan kontribusi positif dari peluncuran vaksin, namun risiko juga akan disebutkan, terutama varian Delta yang sekarang mendominasi dengan referensi masih belum merata dan pemulihan yang rapuh.

Dengan pasar harus menyesuaikan diri dengan gaya komunikasi baru dan kemungkinan juga bahasa baru, ada risiko pergerakan pasar yang lebih besar dari biasanya, meskipun pergerakan tersebut tidak boleh diinterpretasikan secara berlebihan, terutama di pasar musim panas musiman yang kurang likuid.

Kami mengharapkan sinyal kebijakan baru setelah musim panas pada isu-isu seperti pembelian obligasi, tetapi terbuka untuk operasi likuiditas TLTRO yang akan diciptakan standar pada pertemuan mendatang.

ECB mengadakan pertemuan kebijakan moneter pada hari Kamis, dan bank sentral secara luas diperkirakan akan menerapkan perubahan signifikan dalam kebijakan moneter. Pertemuan Juli diharapkan menjadi non-event, tetapi rilis tinjauan strategi ECB minggu lalu membuat pasar ramai karena pertemuan Kamis akan memberikan lebih banyak kejelasan tentang bagaimana bank berencana untuk menerapkan strategi baru ini.

Pada presentasi tinjauan strategi, Presiden ECB Christine Lagarde mengatakan bahwa akan ada tinjauan pedoman ke depan untuk menyelaraskannya dengan tinjauan strategi. Ini berarti bahwa kita dapat melihat beberapa perubahan penting dalam panduan ke depan pada pertemuan tersebut.

Berbicara tepat setelah ECB menaikkan sasaran inflasi menjadi 2% dan mengakui mungkin melampaui target, Lagarde mengatakan sesi Dewan Pemerintahan 22 Juli akan memiliki “beberapa variasi dan perubahan yang menarik.” Ini akan menjadi pertemuan penting, tambahnya, dan “Mengingat kegigihan yang perlu kami tunjukkan untuk memenuhi komitmen kami, panduan ke depan pasti akan ditinjau kembali.”

Tidak mengherankan, ini diikuti oleh dua hari penurunan EUR/USD dan, setelah jeda singkat pada hari Rabu, ada lebih banyak kerugian pada hari Kamis setelah pembuat kebijakan ECB Ignazio Visco mengatakan kepada stasiun TV yang sama bahwa ECB harus menjaga kebijakan moneter sangat mudah untuk mendukung ekonomi. pemulihan di Zona Euro dan melindungi pasar keuangannya dari suku bunga yang lebih tinggi di AS.

ECB tidak mungkin meningkatkan ukuran pembelian obligasi melalui Program Pembelian Darurat Pandemi pada pertemuan ini tetapi mungkin mengindikasikan bahwa pembelian ini akan ditingkatkan pada bulan September.

Pada hari Jumat, Jerman merilis laporan PMI Juli. PMI Manufaktur diperkirakan berada di 65,0, sedangkan perkiraan untuk IMP Jasa berada di 60,0 poin. Kedua perkiraan ini menunjukkan pertumbuhan yang kuat.

Analisa Teknikal EUR/USD