Uang Kertas Euro - EURUSD

Analisa EUR/USD: Fokus Berpindah Kepada Rapat ECB. Berikut Yang Penting Diperhatikan

Forexsignal88.Com – Bank Sentral Eropa akan mengadakan pertemuan kebijakan April pada Kamis, merilis pernyataannya pada 12:45 GMT dan Presiden Christine Lagarde memperbarui investor pada konferensi pers pada 13:30 GMT.

Pada pertemuan Maret, ECB mengumumkan bahwa pembelian aset di bawah PEPP akan “dilakukan dengan kecepatan yang jauh lebih tinggi” selama “kuartal berikutnya”. Analis melihat bahwa laju pembelian memang meningkat di bulan Maret, dan beberapa minggu pertama di bulan April. Pembelian bersih di bulan Maret naik menjadi 73,52 miliar euro, lebih tinggi sejak Juli tahun lalu. Dengan asumsi kecepatan bulanan yang sama, pembelian aset di PEPP dapat berlanjut hingga 1Q22. Kami yakin para anggota akan memperdebatkan apakah laju pembelian yang “dipercepat” akan berlanjut setelah Juni. Risalah Maret mengungkapkan keputusan untuk meningkatkan pembelian tidak bulat.

ECB telah berjanji untuk mempercepat pembelian asetnya pada pertemuan terakhirnya, tetapi datanya sendiri menunjukkan pembelian mingguan hanya sedikit meningkat pada pertengahan hingga akhir Maret dan sejak itu turun sedikit. Angka-angka tersebut menambah keraguan tentang niat bank sentral untuk memuat lebih awal pembelian obligasi yang merupakan bagian dari Program Pembelian Darurat Pandemi (PEPP) di tengah tanda-tanda perpecahan dalam Dewan Pemerintahan. Menjelang pengumuman ECB, euro mencatat periode terpanjang kenaikan tanpa gangguan sejauh ini pada tahun 2021.

EUR/USD sendiri telah bergerak dalam koreksi ke atas sejak awal perdagangan minggu ini. Kenaikan mencapai level resistensi psikologis 1.2079, yang dekat dengan stabil pada tulisan ini, dan tertinggi untuk pasangan mata uang dalam satu setengah bulan. Kenaikan EUR/USD baru-baru ini karena investor meninggalkan dolar di tengah selera risiko yang lebih kuat, serta terobosan dalam vaksinasi Eropa melawan virus corona, pada saat benua itu melewati satu juta angka kematian akibat epidemi.

Kasus virus harian di Eropa tetap tinggi dan banyak wilayah berada dalam beberapa bentuk penguncian. Namun proses vaksinasi yang lebih cepat meningkatkan optimisme. Gambaran ekonomi yang membaik datang tepat ketika pasokan vaksin di Uni Eropa telah meningkat, mendorong tingkat vaksinasi blok tersebut menjadi hanya lebih dari 25% dari populasi. Ini masih jauh di bawah tingkat AS dan Inggris, tetapi dengan pengiriman vaksin yang diperkirakan akan meningkat lebih lanjut pada kuartal ini, investor menjadi lebih yakin tentang prospek pemulihan ekonomi Zona Euro.

Faktor Data Ekonomi Zona Eropa