Analisa EUR/USD: Euro Terus Didorong Kebawah

Forexsignal88.Com – EUR/USD melanjutkan penurunannya dan aksi jual minggu ini telah mendorong pasangan EUR/USD ke level support pada harga 1.2130 dan terus didorong sampai ke level 1.2111. Ketakutan investor telah kembali tentang meningkatnya jumlah infeksi dan kematian COVID-19 di Eropa serta pembatasan dan penguncian berikutnya.

Lebih banyak uang pemerintah lebih baik untuk dolar – setidaknya dalam hal stimulus fiskal. Media melaporkan bahwa Presiden terpilih Joe Biden akan mengumumkan paket stimulus yang murah hati senilai sekitar $ 2 triliun telah meningkatkan pasar dan dolar. Investor telah berspekulasi bahwa cakupan bantuan akan berkisar sekitar $ 1,3 triliun.

Mengapa greenback mulai menguat? Peningkatan utang pemerintah memicu perpindahan ke saham dari obligasi, mendorong imbal hasil US Treasury lebih tinggi dan membuat dolar lebih menarik. Selain itu, dengan dukungan tambahan dari Paman Sam, ekonomi terbesar di dunia dapat tumbuh pada klip yang lebih cepat, dorongan lain untuk mata uang yang mendasarinya.

Selain pernyataan Biden, investor akan memperhatikan pidato Ketua Fed Powell pada pukul 17:30 GMT. Pejabat Fed baru-baru ini menolak gagasan untuk mengurangi program QE raksasa mereka dalam waktu dekat, namun demikian, percakapan belaka sudah cukup untuk mengingatkan investor bahwa Fed tidak akan menahan diri selamanya. Apakah Powell menganggap gagasan itu sebagai suatu kemungkinan bisa menjadi sangat penting. The Fed Rosengren (14:00 GMT), Bostic (16:00 GMT), dan Kaplan (18:00 GMT) akan berbicara juga.

Berita yang membebankan lainnya juga datang dari perkembangan virus corona di berbagai zona Eropa. Seperti halnya di Spanyol mencatat 38.869 kasus virus korona dan 195 kematian kemarin. Dengan demikian, angka kejadian meningkat selama dua minggu per 100.000 penduduk, yang meningkat dua kali lipat selama sebulan terakhir, menjadi 492 kasus pada hari Rabu.

Negara ini telah mencatat total 2,17 juta kasus dan lebih dari 52.000 kematian yang dikonfirmasi. Kematian akibat virus korona di AS mencatat tingkat tertinggi dalam satu hari, dengan lebih dari 4.300 kematian. California telah mencabut beberapa pesanan tinggal di rumah di kabupaten utara, sementara banyak yang masih berlaku karena kasus virus korona meningkat.

Situasi di Eropa bahkan lebih buruk lagi, dengan Jerman mencatat puncak kematian baru saat mempertimbangkan untuk memperpanjang pengunciannya. Pemerintah di benua lama berada di bawah tekanan untuk meningkatkan kampanye vaksinasi mereka. Sebagian besar negara di benua lama telah memberikan suntikan hanya kepada sekitar 1% dari populasi, dibandingkan dengan lebih dari 3% di AS.

Analisa Teknikal EUR/USD