Analisa EUR/USD: EURO Terus Anjlok Kebawah

Forexsignal88.Com – Euro berada di wilayah negatif untuk hari kedua berturut-turut. Saat ini, EUR/USD diperdagangkan pada 1,1538, turun 0,51% hari ini.

Euro memulai minggu dengan kenaikan dan mendorong ke atas garis 11,6, tetapi komentar dovish dari Presiden ECB Christine Lagarde membatasi harapan reli, dan EUR/USD sekarang mendekati level 1,15. Lagarde menepis ekspektasi kenaikan suku bunga dari ECB, dengan mengatakan bahwa itu tidak akan berpengaruh di lingkungan harga komoditas yang tinggi saat ini. Pada bulan September, Lagarde menolak gagasan pengurangan oleh Bank, dengan menyatakan “wanita itu tidak meruncing”.

Kekhawatiran bagi pembuat kebijakan Eropa adalah bahwa pengamat pasar dan pedagang hari valas mungkin mulai melihat tanda-tanda melemahnya kredibilitas mantra inflasi sementara ECB.

Ini terjadi pada saat pemulihan ekonomi Eropa tetap pada jalurnya. Memang indikator sentimen ekonomi minggu ini semakin membaik di bulan September menjadi 117,8 dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar 117,6.

Lagarde telah mengisyaratkan bahwa dia tidak berniat mengikuti bank sentral lain dan kebijakan pengetatan. Pekan lalu, dia mengatakan bahwa “tidak ada tanda-tanda bahwa peningkatan inflasi ini menjadi berbasis luas”. Jika Anda ingat pernah mendengar deklarasi serupa dari Ketua Fed Jerome Powell, ingatan Anda tepat. Powell bersikeras bahwa inflasi bersifat sementara, tetapi terpaksa mengakui dalam kesaksiannya di kongres pekan lalu bahwa inflasi tidak akan mereda dalam waktu dekat.

Pada bulan September, Lagarde menolak gagasan pengurangan oleh Bank, dengan menyatakan “wanita itu tidak meruncing”. Namun, dia mungkin berada di bawah tekanan untuk mengubah nadanya jika inflasi zona euro terus meningkat. CPI mencapai level tertinggi 10 tahun pada bulan Agustus sebesar 3 persen, di atas target ECB sebesar 2 persen. Inflasi dapat terus melonjak, didorong oleh harga energi yang lebih tinggi, permintaan domestik yang kuat, dan gangguan rantai pasokan yang kronis.

Indikator sentimen ekonomi naik untuk sebagian besar ekonomi utama benua, naik di Spanyol, Jerman dan Belanda, meskipun turun di Prancis dan Italia.

Data pasar tenaga kerja menunjukkan peningkatan yang berkelanjutan. Ekspektasi pengangguran turun 5,4, sementara ekspektasi ketenagakerjaan naik 0,8 dan itu kemungkinan menjelaskan peningkatan lebih lanjut pembacaan kepercayaan konsumen yang sangat penting, yang naik 1,3.

Analisa Teknikal EUR/USD