Uang Kertas Euro - EURUSD

Analisa EUR/USD: Euro Naik Tapi Belum Mampu Menembus Resistance Ini

Forexsignal88.Com – Beberapa sesi terakhir lebih baik untuk Euro, dengan EUR/USD perlahan pulih dari beberapa penurunan baru-baru ini, tetapi reli berkelanjutan dari sini tetap tidak mungkin. Seperti yang terjadi beberapa waktu ini, Bank Sentral Eropa, bersama dengan Bank Jepang dan Bank Nasional Swiss, berada tepat di belakang antrian bank sentral yang berniat menaikkan suku bunga.

Pertemuan ECB minggu depan adalah acara yang menonjol karena pasar mencari petunjuk tentang bagaimana program PEPP akan diganti ketika berakhir pada bulan Maret dan apakah akan tergoda untuk mengikuti bank sentral lain dalam pengetatan kebijakan moneter.

Satu masalah bagi ECB adalah bahwa penentu tarifnya tampak sangat terpecah. Garis standar mereka adalah bahwa lonjakan inflasi zona euro saat ini akan bersifat sementara dan bahwa pertumbuhan harga konsumen akan mereda tahun depan karena efek dari pemantulan pasca-pandemi dalam ekonomi memudar. Namun, di sana kesepakatan berakhir.

Inflasi utama mungkin berada di atas target tetapi tampaknya ada keyakinan yang lebih kuat daripada di tempat lain bahwa ini bersifat sementara dan akan kembali ke bawah dalam waktu dekat. Dengan mengingat hal itu, investor akan tertarik untuk mengetahui apakah langkah-langkah stimulus lain akan diperkenalkan pada bulan Maret. Mereka mungkin harus menunggu sampai Desember meskipun proyeksi ekonomi baru akan disiapkan.

Baru minggu lalu, misalnya, Reuters melaporkan bahwa “dua pemikir ekonomi terkemuka” ECB telah “berdebat” tentang seberapa besar kemungkinan kenaikan tajam inflasi zona euro baru-baru ini akan menjadi permanen. Kepala Ekonom Philip Lane, seekor merpati, berpendapat bahwa kekuatan dapat menyeret turun pertumbuhan harga sedangkan rekannya Isabel Schnabel, seekor elang, memperingatkan tekanan inflasi yang lebih persisten. Merpati tentu dalam kekuasaan untuk saat ini, dengan kepala elang Jens Weidmann, Presiden Bundesbank, mengundurkan diri.

Namun, semua ini tidak perlu muncul di pertemuan minggu ini, yang sebenarnya hanya pendahuluan untuk pertemuan berikutnya pada 15/16 Desember, ketika proyeksi ekonomi staf baru akan tersedia. Oleh karena itu, ECB akan berharap bahwa minggu ini akan selancar mungkin, dengan dampak yang dapat diabaikan di pasar.

Analisa Teknikal EUR/USD