Analisa EUR/USD: Euro Menghadapi Lawan Kuat Pada Resistance 1.2180

Forexsignal88.Com – Gerakan EUR/USD pada kemarin hari dan hari sebelumnya mengingatkan kita pada gerakan gagal pada akhir Februari 2021 lalu, dimana EUR/USD ditolak oleh resistance 1.2180 beberapa kali sebelum akhirnya turun pada tanggal 26 Februari 2021. Atau yang terjadi juga sama pada bulan Januari 2021 dimana 1.2180 menahan EUR/USD beberapa kali dan turun pada tanggal 27 Januari 2021. Dan kalau mau melihat di bulan Desember 2020 maka anda juga akan menemukan hal yang sama.

Ini menunjukan seberapa tangguh 1.2180 melihat dari historis harga yang ada.

EUR/USD telah diuntungkan dari beberapa ketenangan di pasar, namun itu mungkin berubah ketika perdagangan di Wall Street dimulai. Kekhawatiran tentang inflasi telah membebani saham – terutama saham perusahaan teknologi yang bernilai tinggi – dan mungkin ada lebih banyak ruang untuk sisi negatifnya.

Perhatian yang paling signifikan adalah inflasi. Investor berpikir bahwa Federal Reserve akan bertahan lebih lama setelah laporan Nonfarm Payrolls mengecewakan. Namun, harga produsen yang tinggi dari China dan beberapa komentar hawkish dari Robert Kaplan, Presiden Fed Dallas, berubah pikiran.

Dan sekarang, penurunan baru pada saham dapat meningkatkan dolar sebagai tempat berlindung yang aman dan berpotensi mengirim EUR/USD kembali turun.

Sementara itu jika kita lihat dari data ekonomi Jerman, Sentimen Ekonomi ZEW Jerman melonjak ke 84,4 di bulan Mei, naik dari 70,7, jauh di atas ekspektasi 71,0. Itu merupakan level tertinggi sejak dua dekade sejak 2000. Indeks Situasi Saat Ini Jerman meningkat ke -40,1, dari -48,8, di atas ekspektasi -42,6. Sentimen Ekonomi Zona Euro naik menjadi 84,0, naik dari 66,3, di atas ekspektasi 71,2. Situasi Zona Euro Saat Ini naik 14,1 poin menjadi -51,4. Situasi ini menunjukan bahwa perekonomia terkuat Eropa menunjukan perkembangan ekonomi yang cukup signifikan.

ECB telah lama mengisyaratkan kemungkinan bahwa fasilitas pelonggaran moneternya tidak dapat digunakan sepenuhnya selama keluar dari pandemi virus korona, dan narasi itu mungkin diperkuat minggu ini sekitar pembacaan tingkat inflasi Jerman April yang akan keluar pada Rabu, 12 Mei.

Meskipun tekanan harga yang meningkat telah diabaikan secara luas sebagai sementara, imbal hasil obligasi global tetap tinggi, dan perlu diingat bahwa anggota Dewan Pemerintahan ECB Klaas Knot sebelumnya mengatakan “apa yang sebenarnya dilakukan pasar adalah menilai optimisme itu” tentang pemulihan di paruh kedua tahun 2021. Jika inflasi yang lebih tinggi mengarah ke imbal hasil yang lebih tinggi, ECB dapat menafsirkannya sebagai tanda bahwa mereka tidak perlu berbuat lebih banyak di depan pelonggaran.

Analisa Teknikal EUR/USD