Analisa EUR/USD: EURO Masih Tetap Bearish Namun Tetap Waspada Koreksi

Forexsignal88.Com – Sesi perdagangan hari ini adalah salah satu yang penting dengan rilis data ekonomi AS yang signifikan, menjelang liburan Thanksgiving yang akan mempengaruhi likuiditas di pasar. Harga pasangan mata uang EUR/USD bersiap untuk hari ini dengan stabilitas bearish di sekitar level terendah 16-bulan, karena pasangan ini jatuh minggu ini ke level support 1.1186.

Dolar telah bergerak kuat dalam beberapa minggu terakhir, yang bila digabungkan dengan pelemahan luas yang telah kita lihat di euro telah menyebabkan aksi jual yang dipercepat pada pasangan EURUSD.

Euro mengalami penurunan kuat terhadap mata uang utama lainnya karena COVID. Kerugiannya untuk sementara dihentikan dengan bantuan komentar yang mendukung dari anggota Dewan Bank Sentral Eropa (ECB). Isabel Schnabel, anggota Dewan Eksekutif Bank Sentral Eropa, mengatakan “risiko inflasi condong ke atas” dan bergabung dengan sesama anggota dewan dalam mengecilkan dampak negatif dari pembaruan pembatasan Covid di zona euro.

Dari Amerika Serikat sendiri, inflasi yang lebih tinggi, konsumen yang kuat dan pasar tenaga kerja yang menguat telah mendukung The Fed ke sudut, meskipun ada dorongan kuat pada pembicaraan suku bunga selama beberapa pekan terakhir. Tapi pencalonan kembali Powell-lah yang membuat pasar memperkirakan beberapa kenaikan suku bunga tahun depan mulai Juni.

Data ekonomi juga mendukung USD seperti pertumbuhan belanja konsumen yang meningkat sepersepuluh menjadi 1,7% (dibandingkan 1,6% di rilis sebelumnya), didorong oleh penurunan yang lebih kecil dalam belanja barang tahan lama dari yang dilaporkan sebelumnya (-24,4% vs -26,2% adv.). Ini sebagian diimbangi oleh revisi ke bawah untuk belanja jasa (+7,6% vs +7,9% adv.).

Pertumbuhan utama dalam investasi bisnis direvisi turun sedikit, menjadi 1,5% (dari 1,8%). Revisi ke bawah untuk produk kekayaan intelektual diimbangi dengan revisi ke atas pada pengeluaran untuk peralatan dan struktur.

Sementara ini EUR/USD sedang bertahan pada level support dan hari ini dibuka sedikit meningkat pada saat penulisan. Ini adalah akibat dari pernyataan Dewan ECB Schnabel yang mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa ketidakpastian telah meningkat mengenai kapan inflasi akan jatuh kembali ke target 2,0% ECB, dan “kita harus memperhitungkan ketidakpastian yang meningkat ini.” “Masih wajar untuk menghentikan pengadaan PEPP pada Maret tahun depan,” katanya juga. PEPP adalah program pelonggaran kuantitatif darurat Covid dari Bank Sentral Eropa yang melihat bank menyediakan likuiditas bagi perekonomian melalui pembelian obligasi pemerintah dan korporasi.

Schnabel membahas pengenaan pembatasan baru untuk mengekang penyebaran Covid di beberapa negara zona euro, dengan mengatakan, “Sementara kasus virus corona dan langkah-langkah penahanan baru dapat mengurangi aktivitas ekonomi dalam jangka pendek, mereka tidak mungkin menghambat pemulihan secara keseluruhan.”

Analisa Teknikal EUR/USD