Analisa EUR/USD: EURO Anjlok Kebawah Memasuki Terendah 16 Bulan

Forexsignal88.Com – Euro telah dihancurkan oleh kekhawatiran bahwa penguncian baru akan memukul pertumbuhan ekonomi. Ini telah meningkatkan dolar karena para pedagang mencari perlindungan, dan survei bisnis yang akan datang akan sangat penting untuk apakah rotasi ini berlanjut.

Mata uang tunggal telah dibawa ke bawah akhir-akhir ini karena beberapa risiko mengancam untuk menghambat pertumbuhan ekonomi. Lonjakan tajam dalam kasus covid di seluruh Eropa telah membuat Belanda dan Austria memberlakukan penguncian lagi, meningkatkan kekhawatiran bahwa Jerman dapat segera menyusul.

Lalu ada lonjakan harga energi yang menekan konsumen dan sekaligus menyediakan bahan bakar untuk pasukan anti-Eropa di Prancis menjelang pemilihan presiden tahun depan. Dan dengan mesin ekonomi China yang melambat, permintaan ekspor Eropa tampaknya goyah.

Gambaran virus corona di benua Eropa terus memburuk dan bahkan berita Rabu lalu bahwa inflasi Zona Euro mencapai 4,2% tahun/tahun di bulan Oktober – lebih dari dua kali target ECB – tidak akan mengarah pada kenaikan suku bunga tahun ini atau tahun depan.

Cukup nyata bahwa pasar uang terus mempertimbangkan kenaikan suku bunga kecil oleh Bank Sentral Eropa tahun depan. Pedagang derivatif pada dasarnya bertaruh bahwa mengintensifkan tekanan inflasi pada akhirnya akan memaksa tangan ECB. Namun, itu sangat tidak mungkin.

Keputusan ECB untuk terus membeli obligasi merupakan indikasi bahwa kenaikan suku bunga tidak akan segera terjadi, menurut anggota ECB Isabelle Schnabel. Lebih lanjut, Schnabel menambahkan bahwa kenaikan inflasi merupakan perkembangan yang positif.

Akhirnya, Lagarde melintasi perbatasan lagi pada hari Jumat, dengan alasan bahwa kebijakan pengetatan lebih cepat dari jadwal tidak akan masuk akal jika tekanan inflasi cenderung mereda. Menurut Lagarde, kebijakan yang lebih ketat hanya akan meningkatkan efek jera pada perekonomian.

PMI untuk Zona Euro dan Jerman akan dirilis oleh IHS Markit pada hari Selasa. Jika ekonomi kawasan euro tetap sehat, investor dapat menaikkan suku bunga ECB lebih lanjut pada tahun 2022, yang akan membantu mata uang tunggal untuk menemukan permintaan memberikan tekanan pada Euro.

Ringkasan ekonomi AS akan merilis tiga set data utama pada hari Rabu: pesanan barang tahan lama untuk Oktober, perkiraan pertama PDB untuk kuartal ketiga, dan indeks harga konsumsi pribadi (PCE). Data inflasi dari indeks harga PCE akan menjadi perhatian khusus bagi pelaku pasar. Indeks Dolar AS dan Treasuries AS naik awal bulan ini karena IHK yang lebih kuat dari perkiraan. Jika PCE tahunan terus meningkat, reaksi pasar serupa akan terjadi.

Menurut laporan ECB pada pertemuan kebijakan moneter hari Kamis, prospek kebijakan ekonomi tidak mungkin membaik. Kami juga memeriksa data Produk Domestik Bruto Jerman untuk kuartal ketiga.

Aktivitas pasar akan tetap lesu selama sisa minggu ini karena liburan Thanksgiving di AS.

Analisa Teknikal EUR/USD