Analisa EUR/USD: EUR/USD Menolak Turun, Ada Kekuatan Tersembunyi Di Balik Pertahanan Euro

Forexsignal88.Com – Disaat semua mata uang dan logam mulia turun terhadap USD, EUR/USD menolak untuk turun. Euro secara mengejutkan berakhir sebagai yang terkuat minggu lalu. Sementara rebound terhadap Dolar diperkirakan terjadi, perubahan haluan terhadap mata uang komoditas, dalam risk-on week, sangat mengesankan. Padahal, seperti dibahas di bawah, mata uang bersama masih harus banyak dibuktikan. Sterling juga sedikit membanjiri Dolar Selandia Baru dan berakhir sebagai terkuat kedua.

EUR/USD telah mencapai level tertinggi dalam seminggu, juga menentang frustrasi tentang lambatnya kecepatan vaksinasi Eropa dan potensi penguncian yang diperpanjang. Pemerintah Eropa sedang mempertimbangkan untuk memberlakukan kontrol perbatasan yang lebih ketat dan melarang perjalanan yang tidak penting.

Ketika sebuah mata uang bertahan meskipun ada berita buruk – mata uang tersebut menunjukkan kekuatannya dan mungkin memiliki ruang untuk naik ketika air pasang berubah.

Salah satu alasan yang mendukung adalah pernyataan ECB yang bernada hawkish. Pernyataan ECB dan konferensi pers berbalik untuk Euro karena berbalik dari sana menjadi ditutup tinggi terhadap semua mata uang utama. Di bidang ekonomi, Presiden Christine Lagarde mengakui bahwa peluncuran vaksin memungkinkan “kepercayaan yang lebih besar dalam penyelesaian krisis kesehatan”. Selain itu, meski risiko masih condong ke sisi negatifnya, kini risiko tersebut “berkurang”. Hal ini terus menjadi kekhawatiran Bank Sentral Eropa, yang telah menjelaskan bahwa mereka tidak ingin Euro menguat.

Komentar bahwa pihaknya akan “terus memantau perkembangan nilai tukar” tidak disertakan dalam pernyataan yang dikeluarkan setelah semua pengaturan kebijakan moneter tidak berubah Kamis lalu, tetapi pemikiran bahwa ini menandai perubahan signifikan direvisi ketika komentar tersebut dimasukkan dalam Pernyataan Presiden ECB Christine Lagarde membuka konferensi pers virtual pasca-keputusannya.

Analisa Teknikal EUR/USD