Uang Kertas Euro - EURUSD

Analisa EUR/USD: Ada Potensi Negatif Bagi EURO Terkait ECB

Forexsignal88.Com – Pertemuan ECB pada hari Kamis pekan ini diatur untuk fokus pada kalibrasi ulang PEPP dan
prospek inflasi. Dengan kondisi pasar keuangan yang stabil dan ramah, rekor terendah tingkat riil dan ekonomi yang pulih dengan baik di Q3 juga, kondisinya terpenuhi untuk memperlambat laju pembelian PEPP.

Namun ECB tidak akan menyebut ini tapering. Kami berharap ECB dan presiden Lagarde akan menekankan
bahwa kalibrasi ulang tidak dibandingkan dengan tapering, tetapi ECB menanggapi perubahan kondisi pembiayaan dan ekonomi dengan menyelaraskan volume PEPP-nya. Pelaku mengharapkan pembelian PEPP serupa dengan level Januari/Februari sebesar EUR60 miliar/bulan, turun dari arus c. EUR80 miliar/bulan. Yang mengatakan, tanpa kejutan eksternal untuk ekonomi akan sulit untuk berdebat untuk volume PEPP yang lebih tinggi di ECB saat ini narasi pertumbuhan dan inflasi.

Dewan Pengatur Bank Sentral Eropa hampir pasti akan memutuskan minggu ini untuk tidak mengumumkan sebelumnya pengetatan kebijakan moneter zona euro meskipun suksesi anggota Dewan hawkish menyarankan minggu lalu bahwa itu harus. Mengingat bahwa banyak pedagang EUR/USD mungkin telah memasuki posisi beli dalam pasangan ini sebagai akibat dari retorika hawks, risiko utamanya adalah bahwa itu akan jatuh kembali setelah keputusan Dewan hari Kamis tentang kebijakan diumumkan.

Ada hampir terlalu banyak hawks di newswires untuk disebutkan tetapi di antara mereka adalah Wakil Presiden ECB Luis de Guingos, Presiden Bundesbank Jens Weidmann dan sesama anggota Dewan Robert Holzmann dan Klaas Knot. Mereka semua khawatir dengan rebound ekonomi zona euro ditambah dengan kenaikan tajam inflasi menjadi 3%, jauh di atas target ECB.

Pada pertemuan bulan Desember, kami mengharapkan ‘pertempuran’ kalibrasi QE yang lebih besar akan terjadi.
Wawancara Lane minggu lalu mengatakan bahwa volume APP tidak dapat dilihat secara terpisah dari jaringan
pasokan, maka peningkatan APP tidak dapat dikesampingkan pada tahap ini. Ada harapan bahwa
operasi likuiditas akan diperpanjang pada pertemuan Desember.

Lagarde memiliki kesempatan untuk menjelaskan pemikirannya pada konferensi pers setelah pengumuman ECB pada hari Kamis, tetapi ada juga hal lain yang perlu diwaspadai oleh para pedagang: proyeksi ekonomi ECB. De Guindos dilaporkan oleh surat kabar Spanyol El Confidencial pekan lalu mengatakan bahwa “ekonomi zona euro berkinerja lebih baik pada tahun 2021 dari yang kami harapkan, dan ini akan tercermin dalam proyeksi yang akan diterbitkan dalam beberapa hari mendatang.”

Jika proyeksi benar-benar menunjukkan pertumbuhan dan inflasi yang kuat, itu mungkin memberi harapan pada bull EUR/USD dan mungkin membatasi penurunan.

Analisa Teknikal EUR/USD