Akhirnya Harga Minyak ‘TERGELINCIR’ Pada Penutupan Perdagangan Akhir Pekan. Kok Bisa?

ForexSignal88.com l Jakarta, 23/12/2019 – Harga minyak akhirnya ditutup terkoreksi pada sesi perdagangan akhir pekan Jumat (20/12/2019), tetapi masih berhasil membukukan kenaikan pekan ketiga berturut-turut di tengah meredanya ketegangan perdagangan AS-China, yang telah meningkatkan kepercayaan bisnis dan prospek pertumbuhan ekonomi global. Brent turun 48 sen, atau 0,7%, menjadi US$66,06 per barel.

Minyak mentah antara West Texas Intermediate AS turun 74 sen, atau 1,2%, menjadi US$60,44. Meskipun Jumat jatuh, WTI mengakhiri pekan dengan kenaikan 0,5%. Kemajuan dalam perselisihan perdagangan antara dua konsumen minyak terbesar dunia telah meningkatkan harapan permintaan energi yang lebih tinggi tahun depan.

China pada hari Kamis mengumumkan daftar pembebasan tarif impor untuk enam produk minyak dan kimia dari Amerika Serikat, beberapa hari setelah Washington dan Beijing mengatakan kesepakatan perdagangan sementara akan ditandatangani pada Januari.  

Kemajuan Perjanjian AS-Meksiko-Kanada (USMCA), yang akan menggantikan Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA), juga telah meningkatkan minyak minggu ini. Perjanjian tersebut disahkan oleh DPR AS pada hari Kamis.

“Pasar minyak secara umum telah didukung dari berita baik di bidang perdagangan,” kata Andy Lipow, presiden Lipow Oil Associates di Houston. Beberapa penjualan menjelang liburan Natal dan Tahun Baru mendorong harga lebih rendah, kata Phil Flynn, seorang analis di Price Futures Group di Chicago.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *