Aih! Rilis Data GDP Indikasikan Ekonomi Jepang Telah Masuk ke Dalam Jurang Resesi

ForexSignal88.com l Jakarta, 19/05/2020 – Biro Statistik Jepang mempublikasikan data GDP kuartal pertama yang merosot sebesar 0.9 persen secara kuartalan, setelah mencatat penurunan 1.9 persen pada kuartal IV tahun lalu. Kendati lebih baik ketimbang forecast ekonom yang memprediksi pelemahan sebesar 1.2 persen, rilis data GDP Senin pagi menandakan bahwa ekonomi Jepang telah masuk ke dalam jurang resesi.  
Jika mengacu pada statistik tahunan, GDP Jepang juga mengalami penurunan 3.4 persen. Angka ini setidaknya lebih baik daripada ekspektasi turun 4.6 persen, juga dari pelemahan periode sebelumnya yang sebesar 7.3 persen.

Memburuknya ekonomi Jepang pada kuartal pertama tahun ini disebabkan oleh semakin menurunnya permintaan konsumen, baik dari domestik maupun luar negeri. Pandemi Covid-19 yang saat ini telah menyebar ke seluruh dunia telah memaksa terjadinya pembatasan ekonomi, yang menimbulkan merosotnya permintaan terhadap barang dan jasa.

Alhasil, kondisi ini juga berdampak terhadap produsen yang mengurangi investasi, produksi, hingga memangkas tenaga kerja.   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *