JAPAN FLAG

30/07/19 | 08:00 WIB – Jepang : ALERT Monetary Policy Statement dan BOJ Policy Rate News – Tentatived Time!

JAPAN FLAG

BOJ Policy Rate merupakan salah satu indikator data ekonomi utama Jepang yang berguna untuk merilis tingkat suku bunga bank sentral. Suku bunga diumumkan bersamaan dengan statement kebijakan moneter (Monetary Policy Statement) rata-rata 14 kali dalam setahun. Disamping suku bunga, statement juga berisi {mprestriction ids=”1,2,4,5″} perkiraan kondisi ekonomi Jepang untuk waktu mendatang.

Bulan Januari 2016 lalu BoJ memotong suku bunganya menjadi negatif dari 0.0% ke -0.1%, penurunan pertama sejak tahun 2010 dan merupakan rekor suku bunga terendah. Tujuan pemotongan tersebut untuk meningkatkan pertumbuhan dan menaikkan inflasi. Bulan September 2016 BoJ mengumumkan kebijakan yield curve control dan pada bulan Juli 2017 menaikkan besaran stimulus dengan menambah pembelian obligasi pemerintah.

Karena laju inflasi belum juga naik, pada bulan Juli 2017 BoJ memutuskan untuk mengundurkan batas pencapaian target inflasi 2.0% hingga tahun 2019 dibandingkan target sebelumnya tahun 2018. Bulan Januari 2018 lalu diluar dugaan BoJ mengumumkan mengurangi pembelian obligasi pemerintah untuk jangka panjang.

Pada meeting terakhir 20 Juni lalu, BoJ mempertahankan suku bunga acuan pada level -0.1% dan target yield bond pemerintah untuk jangka waktu 10 tahun pada 0.0%. Statement menyebutkan akan risiko pelemahan ekonoimi global, terutama dampaknya terhadap berbagai perusahaan di Jepang serta sentimen konsumen.

Pasca rilis Statement, analis memperkirakan BoJ akan menggelontorkan stimulus moneter untuk memacu pertumbuhan ekonomi dan mendorong kenaikan inflasi. Meski demikian, belum jelas stimulus yang bagaimana yang akan diberikan oleh bank sentral Jepang tersebut.

Data terakhir menunjukkan, inflasi bulan Juni y/y stagnan pada +0.7%, masih jauh di bawah target 2.0%. Sementara GDP kuartal pertama 2019 tumbuh 0.6%. Pasar memperkirakan untuk bulan Juli 2019 ini BoJ masih akan mempertahankan suku bunga sebesar -0.1% berdasarkan data kalender ekonomi forexfactory.

Statement kebijakan moneter BoJ bisa dibaca di link link berikut ini: http://www.boj.or.jp/en/mopo/mpmsche_minu/index.htm/#p2019

Untuk estimasi fundamental pada sesi perdagangan hari ini WIB nanti, Jika hasil rilis data BOJ Policy Rate tercatat lebih tinggi dari perkiraan dan isi statement kebijakan moneter BoJ dianggap bersentimen hawkish (positif) maka pergerakan Yen akan cenderung menguat terhadap sejumlah rival mata uang utama lainnya. Begitupun sebaliknya.

{/mprestriction}

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *