tenaga kerja eropa

24/03/20 | 08:00 WIB – Uni Eropa : ALERT Flash Services PMI dan Flash Manufacturing News (Pk 15:15 WIB – Perancis) (Pk 15:30 WIB – Jerman) (Pk 16:00 WIB – Uni Eropa)

tenaga kerja eropa

Indeks Purchasing Managers Index (PMI) untuk sektor manufaktur dan jasa merupakan salah satu indikator data ekonomi utama Uni Eropa yang dirilis oleh Markit dan didasarkan pada 5 indikator utama yaitu: output produksi, ketersediaan produk, aktivitas pengiriman, jumlah pesanan dan jumlah tenaga kerja. Data yang dirilis oleh Markit ini terdiri dari 2 versi yaitu Flash dan Final dan biasanya dampak Flash lebih tinggi.

Indeks Flash PMI mulai dirilis sejak Maret 2008 dan merupakan estimasi indeks PMI yang dibuat berdasarkan hasil survey terhadap 500 purchasing manager mengenai kondisi ekonomi dan bisnis saat ini hingga didapatkan gambaran prospek perekonomian kedepan. Oleh karena itu indikator ini penting bagi investor dan para pelaku bisnis dan sering dianggap sebagai leading indicator.

Angka rilis diatas 50.0 menunjukkan aktivitas sektor manufaktur (dan jasa) sedang tinggi, dan rilis dibawah angka 50.0 menunjukkan terjadinya kontraksi. Dengan mewabahnya virus corona di benua Eropa yang berdampak pada aktivitas ekonomi, maka untuk bulan Maret diperkirakan akan terjadi penurunan indeks di semua negara-negara industri di kawasan.

Untuk bulan Maret 2020, indeks Flash Manufacturing PMI Prancis diperkirakan turun ke +39.6 dibandingkan bulan sebelumnya yang +52.5, sementara Flash Services PMI diprediksi turun ke +39.4 dibandingkan bulan sebelumnya yang +49.8. Untuk Flash Manufacturing PMI Jerman diperkirakan turun ke +40.1 dibandingkan bulan sebelumnya yang +48.0 (tertinggi sejak Januari 2019), sementara Flash Services PMI diprediksi turun ke +43.0 dibandingkan bulan sebelumnya yang +52.5. 

Indeks Flash Manufacturing PMI kawasan Euro bulan Maret 2020 diperkirakan turun ke +40.1 dibandingkan bulan sebelumnya yang +49.2 (tertinggi sejak Januari 2019), sementara untuk Flash Services PMI diperkirakan turun ke +40.0 dibandingkan bulan sebelumnya yang 52.6.

Untuk estimasi pergerakan harga secara fundamental pada sesi perdagangan Eropa sore WIB nanti, Jika hasil rilis data ekonomi tercatat lebih tinggi dari perkiraan dan hasil revisi data tercatat di periode sebelumnya maka pergerakan EUR akan cenderung menguat terhadap sejumlah rival mata uang utama lainnya. Begitupun sebaliknya.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *