JAPAN FLAG

20/11/19 | 08:00 WIB – Jepang : Surplus Data Trade Balance Dirilis Menurun !!

JAPAN FLAG

Bulan September lalu perdagangan Jepang y/y mengalami defisit sebesar ¥ 123 milliar, jauh lebih rendah dari perkiraan yang akan surplus ¥ 54 milliar, tetapi merupakan defisit terendah dalam {mprestriction ids=”1,2,4,5″} 3 bulan terakhir.

Pada bulan September 2019 ekspor turun 5.2% y/y ke ¥ 6.37 triliun terutama disebabkan oleh merosotnya permintaan global dan sengketa dagang AS-China, sementara impor turun 1.5% ke ¥ 6.49 trilliun. Untuk bulan Oktober 2019 surplus perdagangan Jepang y/y menurun dan tercatat di angka ¥ 17.3 milliar.

Trade Balance merupakan salah satu indikator data ekonomi utama Jepang yang biasa disebut juga sebagai Merchandise Trade Balance dan berguna untuk memperhitungkan produk barang yang diimpor dan diekspor, tidak termasuk jasa. Jepang adalah pengekspor utama otomotif dan peralatan elektonik.

Neraca perdagangan merupakan komponen terbesar dalam neraca pembayaran pemerintah Jepang yang biasanya berdampak langsung pada nilai tukar Yen. Rilis data berupa persentase perubahan nilai total impor dan ekspor dibandingkan bulan yang sama pada tahun sebelumnya (year over year atau y/y).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *