US DOLLAR KEMUNGKINAN

16/09 | 16:10 WIB – Alert US News !!!

 US DOLLAR KEMUNGKINAN

AKAN ADA BEBERAPA FUNDAMENTAL PENTING YANG AKAN DIRILIS UNTUK ZONA EKONOMI AMERIKA, DIANTARANYA:

1. CPI m/m ( Pk 19.30 WIB )

ULASAN TERKAIT

Salah satu indikator ekonomi Amerika yang dirilis sebulan sekali (16 hari setelah akhir bulan sebelumnya). Dimana, Angka indeks hasil rilis data tersebut menunjukkan tingkat barang dan jasa yang harus dibeli konsumen AS dalam satu periode tertentu. Angka tersebut diperoleh dengan menghitung harga barang dan jasa utama yang dikonsumsi oleh konsumen. Bobot paling besar dianggap paling penting. Jika CPI semakin besar maka telah terjadi INFLASI. Namun dilihat dari cakupan komoditas yang dihitung dalam CPI kurang mencerminkan tingkat inflasi yang sebenarnya.

CPI dalam istilah lain, juga merupakan data yang mengukur rata-rata perubahan harga yang dibayarkan oleh konsumen (dalam rata-rata) untuk sekelompok barang dan jasa tertentu. CPI merupakan indikator inflasi yang paling umum digunakan dan dianggap juga sebagai indikator keefektifan kebijakan pemerintah. Naiknya CPI mengindikasikan naiknya tingkat inflasi yang akan menyebabkan turunnya harga obligasi dan naiknya tingkat suku bunga. Tidak seperti indikator inflasi lainnya, yang hanya mencakup barang-barang produksi lokal, CPI juga mencakup barang-barang impor. Kelemahannya ada pada kecilnya jumlah sampel yang diambil. Para analis biasanya lebih fokus pada Core (Inti) CPI, varian dari CPI yang tidak mencakup komponen-komponen yang perubahan harganya paling tidak stabil.

DAMPAK

JIKA CPI m/mYANG AKAN DIRILIS NANTI NAIK SESUAI DENGAN FORECAST YANG ADA BERDASARKAN DATA PREVIOUS YANG DIRILIS DI BULAN KEMARIN, MAKA AKAN BERDAMPAK POSITIF BAGI PERGERAKAN NILAI MATA UANG AMERICAN DOLLAR TERHADAP MAJOR DAN SECONDARY CURRIENCES LAINNYA.

KALENDER EKONOMI

PREVIOUS            0.0%

FORECAST           0.1%

2. CORE CPI m/m ( Pk 19.30 WIB )

ULASAN TERKAIT

Salah satu indikator ekonomi Amerika yang dirilis sebulan sekali (16 hari setelah akhir bulan sebelumnya),digunakan untuk  menghitung nilai tetap dari CPI. Nilainya didapat dari Total CPI dikurangi dengan komponen makanan segar dan energy US. Hal tersebut dilakukan karenakan Nilai makanan segar dan energi dapat membuat Trend Inflasi CPI menjadi sering berubah-ubah nilainya / menjadi bias.

DAMPAK

JIKA CORE CPI m/m YANG AKAN DIRILIS NANTI NAIK SESUAI DENGAN FORECAST YANG ADA BERDASARKAN DATA PREVIOUS YANG DIRILIS DI BULAN KEMARIN, MAKA AKAN BERDAMPAK POSITIF BAGI PERGERAKAN NILAI MATA UANG AMERICAN DOLLAR TERHADAP MAJOR DAN SECONDARY CURRIENCES LAINNYA.

KALENDER EKONOMI

PREVIOUS           0.1%

FORECAST          0.2%

3. PRELIM UoM CONSUMER SENTIMENT (Pk 21.00 WIB)

ULASAN TERKAIT

Data ekonomi yang menunjukkan sentimen masyarakat (konsumen) terhadap masa depan ekonomi Amerika. Didapatkan dari survey terhadap 500 orang responden yang dikelola oleh Universitas Michigan Amerika. Survey ini penting sebagai salah satu indikator ekonomi Amerika karena menunjukkan aktivitas ekonomi, daya beli masyarakat apakah berkembang atau tidak. Data ini dirilis dua kali yaitu sebagai data awal (Preliminary) dan data revisi (Revised). Keduanya dirilis dengan selang waktu 14 hari. Karena Prelim dikeluarkan lebih awal sebagai data terkini maka pengaruhnya lebih besar dari pada Revised. Biasanya berita ini muncul di minggu kedua tiap bulannya.

DAMPAK

JIKA PRELIM UoM CONSUMER SENTIMENT YANG AKAN DIRILIS NANTI NAIK SESUAI DENGAN FORECAST YANG ADA BERDASARKAN DATA PREVIOUS YANG DIRILIS DI BULAN KEMARIN, MAKA AKAN BERDAMPAK POSITIF BAGI PERGERAKAN NILAI MATA UANG AMERICAN DOLLAR TERHADAP MAJOR DAN SECONDARY CURRIENCES LAINNYA.

KALENDER EKONOMI

PREVIOUS            89.8

FORECAST           91.0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *