us 114

14/02/20 | 11:00 WIB – AS: ALERT Industrial Production News Pk 22:15 WIB

us 114

Industrial Production merupakan salah satu indikator data ekonomi utama AS yang dirilis oleh The Fed dan biasa juga disebut sebagai Factory Output. Industrial Production mengukur perubahan volume output yang dihasilkan oleh sektor manufaktur, pertambangan dan industri lainnya.

Naik turunnya output produksi sangat bergantung pada siklus ekonomi, perubahan jumlah tenaga kerja dan pendapatan konsumen. Rilis data berupa persentase perubahan dibandingkan dengan bulan sebelumnya (month over month atau m/m), dan {mprestriction ids=”1,2,4,5″} dibandingkan dengan bulan yang sama pada tahun sebelumnya (year over year atau y/y).

Yang berdampak adalah data m/m. Output industri AS bulan Desember 2019 lalu turun 0.3% (atau -0.3%), lebih rendah dari perkiraan yang akan stagnan atau 0.0%, dan juga lebih rendah dari bulan sebelumnya yang naik 0.8%.

Pada bulan Desember 2019 permintaan produk alat pemanas mengalami penurunan. Dalam basis tahunan (y/y) turun 1.0%, lebih rendah dari bulan sebelumnya yang turun 0.7%.

Untuk bulan Januari 2020 diperkirakan output industri AS m/m akan turun 0.2%, dan y/y akan turun 1.4%. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung mendukung penguatan USD terhadap mata uang utama lainnya. Begitupun sebaliknya.

{/mprestriction}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *