us 114

14/02/20 | 10:00 WIB – AS: ALERT Retail Sales News Pk 20:30 WIB

us 114

Retail Sales merupakan salah satu indikator data ekonomi utama AS awal bagi kepercayaan konsumen, permintaan dan pengeluaran konsumen yang menunjukkan aktivitas ekonomi secara keseluruhan, yang pada akhirnya akan mempengaruhi pertumbuhan.

Rilis data menunjukkan persentase perubahan penjualan retail dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Ada dua rilis, penjualan retail inti yang tidak termasuk otomotif (Core Retail Sales atau Retail Sales Ex Autos), dan {mprestriction ids=”1,2,4,5″} penjualan retail total atau disebut juga Advance Retail Sales, masing-masing untuk data perubahan bulanan (month over month atau m/m) dan data tahunan (year over year atau y/y). Penjualan retail bulanan lebih berdampak.

Bulan Desember 2019 lalu Advance Retail Sales AS m/m naik 0.3%, sesuai dengan perkiraan dan sama dengan bulan sebelumnya (tertinggi dalam 3 bulan).

Penjualan ritel inti bulan Desember 2019 naik 0.7%, lebih tinggi dari perkiraan yang akan naik 0.5%, dan yang tertinggi dalam 5 bulan terakhir. Advance Retail Sales Desember 2019 y/y naik 5.8%, tertinggi sejak bulan Agustus 2018.

Kenaikan penjualan ritel bulan Desember 2019 terjadi pada gasoline, toko makanan dan minuman, pakaian dan peralatan elektronik. Untuk bulan Januari 2020 diperkirakan Advance Retail Sales m/m akan kembali naik 0.3%, Core Retail Sales m/m akan juga akan naik 0.3%, dan Advance Retail Sales y/y diperkirakan naik 4.9%.

Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan USD menguat terhadap mata uang utama lainnya. Begitupun sebaliknya.

{/mprestriction}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *