JERMAN

14/02/20 | 08:00 WIB – Jerman: ALERT GDP News Pk 14:00 WIB

JERMAN

Angka GDP merupakan salah satu indikator data ekonomi utama Jerman yang berguna untuk menyatakan nilai total barang dan jasa yang dihasilkan dalam periode waktu tertentu.

GDP dianggap sebagai ukuran pertumbuhan ekonomi suatu negara dan biasanya diumumkan per {mprestriction ids=”1,2,4,5″} kuartal. Rilis data berupa persentase perubahan dibandingkan kwartal sebelumnya.

Di negara-negara anggota kawasan Euro GDP dirilis 2 kali, Preliminary dan Final. Preliminary GDP adalah rilis pertama sehingga berdampak tinggi. Diantara negara-negara kawasan Euro yang paling berdampak adalah data GDP Jerman selaku lokomotif ekonomi kawasan.

GDP Jerman kuartal ketiga tahun 2019 lalu mengalami kenaikan 0.1%, lebih tinggi dari perkiraan yang akan mengalami kontraksi 0.1%, dan juga lebih tinggi dari kuartal sebelumnya yang kontraksi 0.2%.

Kenaikan pertumbuhan kuartal ketiga 2019 disebabkan oleh meningkatnya pengeluaran konsumen dan investasi. Untuk kuartal keempat tahun 2019 diperkirakan GDP Jerman akan kembali naik 0.1%. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung mendukung penguatan EUR terhadap mata uang utama lainnya. Begitupun sebaliknya.

{/mprestriction}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *