INGGRIS

10/12/19 | 10:00 WIB – Inggris: ALERT GDP News Pk 16:30 WIB

INGGRIS

GDP merupakan salah satu indikator data ekonomi utama Inggris yang dianggap sebagai ukuran pertumbuhan ekonomi suatu negara dan biasanya diumumkan per kuartal. Angka GDP menyatakan perubahan persentase nilai total barang dan jasa yang dihasilkan suatu negara dalam periode waktu tertentu dibandingkan dengan periode sebelumnya.

Di Inggris, sektor yang menyumbang perubahan GDP adalah produksi, jasa, konstruksi, dan pertanian. GDP Inggris dirilis oleh Office for National Statistics (ONS) 3 kali per kuartal, yaitu dalam laporan Preliminary, Second Estimate, dan Final. Preliminary adalah rilis awal sehingga dianggap lebih {mprestriction ids=”1,2,4,5″} berdampak. Namun jika pada Second Estimate dan Final terjadi perubahan, maka kedua laporan tersebut bisa berdampak tinggi juga.

Masing-masing data GDP tersebut diluncurkan dalam basis kuartalan (q/q) dan tahunan (q/y). Mulai bulan Juli 2018, ONS Inggris juga merilis data GDP bulanan disamping GDP per kuartal. Dalam hal ini, yang berdampak tinggi biasanya adalah data q/q dan bulanan.

GDP Inggris kuartal ketiga tahun ini (Preliminary) mengalami pertumbuhan 0.3%, lebih rendah dari perkiraan tumbuh 0.4%, tetapi lebih tinggi dari kuartal sebelumnya yang mengalami kontraksi 0.2% (atau -0.2%). Sementara dalam basis tahunan (q/y), ekonomi Inggris tumbuh 1.0%, terendah sejak kuartal pertama 2010. GDP bulan September lalu mengalami kontraksi 0.1%, sesuai dengan perkiraan dan sama dengan bulan sebelumnya (terendah dalam 5 bulan terakhir).

Kenaikan GDP kuartal ketiga lalu disebabkan oleh meningkatnya pengeluaran konsumen, sektor jasa, dan konstruksi. GDP Final kuartal ketiga 2019 akan dirilis tanggal 20 Desember mendatang, sementara GDP bulan Oktober 2019 yang akan dirilis hari ini diperkirakan tumbuh 0.1% (atau +0.1%).

Untuk estimasi pergerakan harga secara fundamental pada sesi perdagangan Eropa sore WIB nanti, Jika hasil rilis data GDP tercatat lebih tinggi dari perkiraan dan hasil revisi data tercatat di periode sebelumnya maka pergerakan GBP akan cenderung menguat terhadap sejumlah rival mata uang utama lainnya. Begitupun sebaliknya.

{/mprestriction}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *