us 114

10/10/19 | 12:00 WIB – AS: ALERT CPI News Pk 19:30 WIB

us 114

CPI merupakan salah satu indikator data ekonomi utama AS yang berguna untuk mengukur dan merilis tingkat inflasi Data inflasi ini dirilis oleh biro statistik tenaga kerja AS, mengukur persentase perubahan data CPI dibandingkan periode sebelumnya. Pada saat yang sama akan dirilis CPI total dan CPI inti (Core CPI) yang tidak {mprestriction ids=”1,2,4,5″} termasuk harga makanan dan energi, masing-masing untuk month over month (m/m) yang dibandingkan dengan data bulan sebelumnya dan year over year (y/y) yang dibandingkan dengan bulan yang sama pada tahun sebelumnya.

Keduanya berdampak tinggi terutama data y/y. The Fed memperhatikan data CPI total y/y dan CPI inti y/y sebagai acuan inflasi tahunan AS. Laju inflasi baik yang tahunan (y/y) maupun bulanan (m/m) selalu menjadi fokus pada setiap FOMC meeting, sehingga data inflasi setiap bulan akan menjadi salah satu pertimbangan penting bagi The Fed untuk memutuskan kenaikan suku bunga.

Bulan Agustus lalu lalu CPI total y/y turun ke +1.7%, lebih rendah dari perkiraan +1.8% dan bulan sebelumnya yang +1.8%. Sementara untuk basis bulanan (m/m) CPI total naik 0.1%, sesuai dengan perkiraan dan lebih rendah dari bulan sebelumnya yang +0.3%. Naiknya inflasi tahunan bulan Agustus 2019 terutama disebabkan oleh meningkatnya harga makanan (+0.5%), jasa transportasi (+0.9%), biaya perawatan kesehatan (+4.3%), harga sewa apartemen (+3.4%), dan harga kendaraan bermotor ( +0.2%).

Sementara harga energi mengalami kontraksi. CPI inti y/y bulan Agustus 2019 naik 2.4%, lebih tinggi dari perkiraan +2.3% dan yang tertinggi sejak bulan Juli 2018. Sedang CPI inti m/m naik 0.3%, sama dengan bulan sebelumnya (tertinggi sejak Januari 2018). Untuk bulan September 2019 diperkirakan inflasi tahunan (CPI total y/y) +1.8%, CPI inti y/y akan tetap +2.4%, CPI total m/m diperkirakan naik 0.1%, dan CPI inti m/m naik 0.2%. 

Untuk estimasi pergerakan harga secara fundamental pada sesi perdagangan Amerika malam WIB nanti, Jika hasil rilis data CPI tercatat lebih tinggi dari perkiraan dan hasil revisi data tercatat di periode sebelumnya maka pergerakan USD akan cenderung menguat terhadap sejumlah rival mata uang utama lainnya. Begitupun sebaliknya.

{/mprestriction}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *