INGGRIS

09/08/19 | 11:00 WIB – Inggris : ALERT Manufacturing Production dan Industrial Production News Pk 15:30 WIB

INGGRIS

Data Manufacturing Production merupakan salah satu indikator data ekonomi utama Inggris yang biasanya lebih berdampak dibandingkan Industrial Production yang dirilis pada waktu yang bersamaan. Sektor manufaktur sangat erat hubungannya dengan tenaga kerja, tingkat pendapatan dan tingkat pengeluaran konsumen.

Manufacturing Production atau Factory Production adalah leading indicator bagi laju perekonomian Inggris pada {mprestriction ids=”1,2,4,5″} umumnya dan sektor ini di Inggris mempunyai porsi sekitar 80% dari total output produksi, oleh karenanya data ini lebih berdampak.

Sektor industri mencakup pertambangan serta jenis industri lain yang non-manufaktur. Rilis data berupa persentase perubahan dibandingkan bulan sebelumnya (month over month atau m/m) dan yang dibandingkan dengan bulan yang sama pada tahun sebelumnya (year over year atau y/y).

Bulan Mei lalu output sektor manufaktur Inggris m/m naik 1.4%, lebih rendah dari perkiraan yang akan naik 2.2%, tetapi yang tertinggi sejak bulan Januari 2017. Sementara untuk basis tahunan (y/y) stagnan atau 0.0%, lebih rendah dari perkiraan yang akan naik 1.0%, tetapi lebih baik dari bulan sebelumnya yang turun 1.0%.

Sektor industri non-manufaktur (Industrial Production) m/m naik 1.4%, lebih rendah dari perkiraan yang akan naik 1.6%, tetapi lebih baik dari bulan sebelumnya yang turun 2.9% (terendah sejak September 2012). Pada bulan Mei 2019 produk petroleum, kimia dan metal mengalami kenaikan. Untuk basis tahunan (y/y) naik 0.9%, lebih tinggi dari bulan sebelumnya yang turun 1.1%. 

Untuk bulan Juni 2019 diperkirakan Manufacturing Production m/m akan turun 0.1% (atau -0.1%), dan y/y akan turun 1.1%, sementara Industrial Production m/m dan y/y diperkirakan akan turun 0.2% berdasarkan data kalender ekonomi forexfactory.

Untuk estimasi fundamental pada sesi perdagangan Eropa sore WIB nanti, Jika hasil rilis data ekonomi tercatat lebih rendah dari perkiraan dan hasil revisi data tercatat di periode sebelumnya maka pergerakan Pound akan cenderung melemah terhadap sejumlah rival mata uang utama lainnya. Begitupun sebaliknya.

{/mprestriction}

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *