us 114

09/04/20 | 11:00 WIB – AS: ALERT Unemployment Claims News Pk 19:30 WIB

us 114

Unemployment Claims mengukur jumlah klaim tunjangan pengangguran selama minggu lalu, dan merupakan data fundamental paling awal yang berhubungan dengan jumlah tenaga kerja. Data Unemployment Claims juga indikator awal bagi pengeluaran konsumen yang akan mempengaruhi tingkat inflasi.

Ada 2 data yang diperhatikan, yaitu Initial Unemployment Claims dan Continuing Unemployment Claims. Initial Unemployment Claims mengukur jumlah mereka yang baru pertama kali menerima tunjangan pengangguran dan lebih berdampak. Oleh karenanya indikator Unemployment Claims biasanya mengacu pada data Initial.

Minggu lalu, Unemployment Claims AS bertambah dua kali lipat dari minggu sebelumnya menjadi 6,648,000 klaim, jauh lebih tinggi dari perkiraan 3,600,000 klaim, dan merupakan yang tertinggi sejak indikator ini mulai dirilis tahun 1967. Angka kenaikan dalam sepekan yang sebanyak itu belum pernah terjadi sebelumnya.

Lonjakan disebabkan oleh semakin tingginya kasus Covid-19 yang menghentikan aktivitas ekonomi dan memicu pemutusan hubungan kerja secara masif. Tenaga kerja di sektor akomodasi dan food services adalah yang paling terdampak.

Untuk minggu ini, diperkirakan klaim tunjangan pengangguran akan berkurang menjadi 5,000,000 klaim. Hasil rilis yang lebih rendah dari perkiraan akan cenderung menyebabkan USD menguat. Namun jika hasil rilis sama atau lebih tinggi dari perkiraan, maka USD akan cenderung melemah terhadap mata uang utama lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *