New Zealand

07/08/19 | 08:00 WIB – Wow! RBNZ Secara Mengejutkan CUT RATE 0.5% ke Level 1%

New Zealand

Official Cash Rate merupakan salah satu indikator data ekonomi utama New Zealand yang berguna untuk merilis tingkat suku bunga bank sentral RBNZ. Gubernur RBNZ menentukan suku bunga acuan atau yang lazim disebut Official Cash Rate (OCR) setelah berkonsultasi dengan beberapa bankir senior dan para penasehatnya. Suku bunga RBNZ dijadwalkan rilis 8 kali dalam setahun. Sepanjang tahun 2016, RBNZ telah {mprestriction ids=”1,2,4,5″} memangkas OCR sebanyak 3 kali.

Pemotongan suku bunga pertama yang sebesar 0.25% ke +2.25% terjadi pada bulan Maret, dan disebabkan oleh ketidakpastian pertumbuhan ekonomi global khususnya China, ekspektasi inflasi Selandia Baru yang cenderung turun, serta masih lemahnya harga komoditi terutama susu.

Pemangkasan kedua terjadi di bulan Agustus 2016. RBNZ kembali menurunkan suku bunga sebesar 0.25% ke +2.00%, karena tingkat inflasi dan harga produk susu yang masih rendah. Pada bulan November 2016, suku bunga dipotong untuk yang ketiga kalinya. Pemangkasan sebesar 0.25% ke +1.75% itu diakibatkan oleh inflasi yang masih rendah dan apresiasi mata uang NZD. Tingkat suku bunga ini adalah yang terendah sejak tahun 1985.

Kemudian pada bulan Mei lalu, RBNZ kembali memangkas OCR sebesar 0.25% ke level 1.5% untuk mendukung tingkat inflasi dan pasar tenaga kerja ditengah perlambatan ekonomi global. Tingkat suku bunga ini adalah yang terendah sejak tahun 1985. Pada meeting terakhir 26 Juni lalu, RBNZ mempertahankan OCR pada level 1.5% sesuai dengan perkiraan. Statement menyebutkan bahwa tingkat suku bunga rendah diperlukan saat ini untuk mendukung tingkat inflasi dan pasar tenaga kerja, di tengah perlambatan ekonomi global.

Data terakhir menunjukkan bahwa inflasi kuartal kedua tahun ini +1.7%, lebih tinggi dari kuartal sebelumnya yang +1.5%; tenaga kerja kuartal pertama turun 0.2%, terendah sejak kuartal ketiga tahun 2015; sementara itu, GDP kuartal pertama 2019 stagnan pada +0.6%. Pada meeting bulan Agustus ini, RBNZ kembali memangkas OCR sebesar 0.5% ke level +1%. 

{/mprestriction}

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *