swiss franc

05/07/18 | 12:00 WIB – Swiss : ALERT CPI News Pk 14:15 WIB !!

swiss franc

CPI merupakan salah satu indikator data ekonomi utama Swiss yang {mprestriction ids=”1,2,4,5″} berguna untuk mengukur tingkat inflasi di Swiss, dan karena perekonomian Swiss tidak sebesar negara-negara mata uang utama lainnya, maka data yang dirilis adalah CPI total (termasuk konsumsi makanan dan bahan bakar). Rilis data berupa perubahan CPI dibandingkan bulan sebelumnya (m/m) dan dibandingkan bulan yang sama pada tahun sebelumnya (y/y). Yang berdampak tinggi adalah data inflasi tahunan atau CPI total y/y. 

Bulan Mei lalu inflasi tahunan Swiss naik 1.0%, lebih tinggi dari perkiraan yang akan naik 0.9% dan yang tertinggi sejak bulan Maret 2011, sementara untuk basis bulanan (m/m) CPI total naik 0.4%, juga lebih tinggi dari perkiraan yang akan naik 0.3% dan bulan sebelumnya yang naik 0.2%. Diantara harga barang dan jasa yang mengalami kenaikan adalah makanan dan minuman non alkohol (+1.6%), perlengkapan rumah (+143%), biaya transportasi (+3.6%) dan biaya rekreasi (+2.5%). Untuk bulan Juni 2018 diperkirakan CPI total y/y akan dirilis di level 1.1% dan m/m akan dirilis turun dan tercatat di level 0.1% berdasarkan data kalender ekonomi dailyfx.

Untuk estimasi fundamental pada sesi perdagangan Eropa siang WIB nanti, Jika hasil rilis data ekonomi tercatat lebih rendah dari perkiraan dan hasil revisi data tercatat di periode sebelumnya maka pergerakan CHF akan cenderung negatif terhadap sejumlah rival mata uang utama lainnya. Begitupun sebaliknya.

{/mprestriction}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *