us 114

02/12/19 | 12:00 WIB – AS : ALERT ISM Manufacturing PMI News Pk 22:00 WIB

us 114

ISM Manufacturing PMI merupakan salah satu indikator data ekonomi utama AS yang dibuat berdasarkan survei terhadap 400 purchasing manager di AS dan berfokus pada kondisi bisnis saat ini, termasuk output produksi, ketersediaan produk, aktivitas pengiriman, jumlah pesanan, dan jumlah tenaga kerja.

Indeks ini sama dengan yang dirilis oleh Markit untuk Manufacturing PMI, hanya saja datanya bersumber dan dirilis oleh Institute for Supply Management (ISM) yang khusus dibuat untuk AS. Di AS, indikator ini biasanya {mprestriction ids=”1,2,4,5″} lebih berdampak dari laporan rilisan Markit.  

Angka rilis di atas 50.0 menunjukkan ekspansi di sektor manufaktur, sedangkan di bawah angka 50.0 menunjukkan kontraksi. Dalam prakteknya, indeks ini dianggap cukup akurat untuk memprediksi output sektor manufaktur di AS.

Bulan Oktober lalu, indeks ISM Manufacturing AS naik ke 48.3, lebih rendah dari perkiraan 49.0, tetapi lebih tinggi dari bulan sebelumnya yang 47.8 (terendah sejak bulan Juni 2009).

Pada bulan Oktober 2019, indeks new orders dan tenaga kerja mengalami kenaikan, sementara indeks produksi dan supplier deliveries mengalami kontraksi. Untuk bulan November 2019, diperkirakan indeks ISM Manufacturing PMI akan kembali naik ke 49.2. 

Untuk estimasi pergerakan harga secara fundamental pada sesi perdagangan Amerika malam WIB nanti, Jika hasil rilis data ISM Manufacturing PMI tercatat lebih tinggi dari perkiraan dan hasil revisi data tercatat di periode sebelumnya maka pergerakan USD akan cenderung menguat terhadap sejumlah rival mata uang utama lainnya. Begitupun sebaliknya.

{/mprestriction}

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *