china

02/12/19 | 10:00 WIB – China : Data Caixin Manufacturing PMI Dirilis ‘MENINGKAT TIPIS’

china

Indeks Manufacturing PMI versi Markit atau biasa disebut juga sebagai indeks Caixin merupakan salah satu indikator data ekonomi utama China yang berisikan estimasi indeks PMI berdasarkan hasil survei terhadap 430 purchasing manager di seluruh China. Fokusnya adalah {mprestriction ids=”1,2,4,5″} mengenai kondisi ekonomi dan bisnis saat ini hingga didapatkan gambaran prospek perekonomian ke depan.

Parameter yang disurvei adalah produksi, new orders, harga, pengiriman, persediaan, dan tenaga kerja. Indeks ini sering dianggap sebagai leading indicator. Angka rilis di atas 50.0 menunjukkan aktivitas sektor manufaktur sedang tinggi, sementara rilis di bawah angka 50.0 menunjukkan terjadinya kontraksi.

Bulan Oktober lalu, indeks Caixin Manufacturing PMI China naik ke 51.7, lebih tinggi dari perkiraan 51.0, dan merupakan yang tertinggi sejak bulan Februari 2017. Kenaikan tersebut disebabkan oleh meningkatnya indeks new orders, output, dan ekspor. Untuk bulan November 2019, data Caixin Manufacturing PMI naik tipis dan tercatat di angka 51.8.

{/mprestriction}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *