austalia

02/08/19 | 08:00 WIB – Australia: Data Retail Sales Dirilis Sedikit Meningkat

austalia

Bulan Mei lalu, penjualan ritel total Australia m/m naik 0.1%, lebih rendah dari perkiraan naik 0.2%, tetapi lebih baik dari bulan sebelumnya yang turun 0.1%. Kenaikan tersebut disebabkan oleh meningkatnya penjualan di toko perlengkapan rumah, pakaian, restoran, dan takeaway food services.

Dalam basis tahunan (y/y), Retail Sales total naik {mprestriction ids=”1,2,4,5″} 2.7%, tetapi menjadi yang terendah sejak bulan Juni 2018. Untuk bulan Juni 2019, penjualan ritel total m/m tercatat naik ke level 0.4% berdasarkan data kalender ekonomi foexfactory.

Retail Sales merupakan salah satu indikator data ekonomi utama Australia yang berguna untuk mengukur persentase perubahan volume penjualan ritel bulanan, baik yang dibandingkan dengan bulan sebelumnya (month over month atau m/m), atau yang dibandingkan dengan bulan sama pada tahun sebelumnya (year over year atau y/y). 

Penjualan di tingkat retailer adalah indikator awal bagi kepercayaan konsumen, permintaan, dan pengeluaran konsumen yang pada akhirnya akan mempengaruhi inflasi dan pertumbuhan. Di Australia, yang diukur adalah Retail Sales total termasuk produk otomotif, dan yang lebih berdampak adalah data m/m.

{/mprestriction}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *